Travelers Cheque
Traveller Cheque (TC) adalah cheque yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan non bank yang berwenang dalam bentuk pecahan tertentu untuk dipergunakan dalam perjalanan didalam maupun diluar negeri .

Keuntungan TC :

1. Lebih aman daripada uang tunai karena pada saat pencairan, pemilik TC harus melakukan tandatangan di depan counter kembali dan harus sama seperti tandatangan yang pertama pada saat pembelian TC tersebut dan dapat diberikan refund (penggantian ) kepada pemilik kalau terjadi kehilangan / tercuri / rusak.
2. Masa berlakunya tidak terbatas.
3. Dapat dicairkan atau ditukar langsung ke dalam mata uang negara yang bersangkutan, yang ada hubungannya dengan Bank yang mengeluarkan TC tersebut
4. Sebagai pengganti uang tunai untuk melakukan pembayaran-pembayaran dalam travel / perjalanan anda.
Bank Panin melayani penjualan TC yang diterbitkan oleh American Express (Amex) Bank dalam mata uang dan pecahan :
Mata Uang Pecahan
AUD AUD50, AUD100, AUD200
USD USD50, USD100, USD500
JPY JPY10,000, JPY20,000, JPY50,000
EUR EUR50, EUR100, EUR200

      SUMBER:

      http://www.panin.co.id/content.asp?db=1&idm=a&idsm=1&id=77

Travelers Cheque (juga cek perjalanan, pelancong cek, cek perjalanan atau cek perjalanan) adalah, cetakan tetap-nilai cek dirancang untuk memungkinkan orang yang menandatangani untuk melakukan pembayaran tanpa syarat kepada orang lain sebagai hasil dari setelah membayar penerbit untuk itu hak istimewa.

Sebagai cek perjalanan biasanya dapat diganti jika hilang atau dicuri (jika pemilik masih memiliki penerimaan diterbitkan dengan pembelian pemeriksaan menunjukkan nomor seri dialokasikan), mereka sering digunakan oleh orang-orang berlibur di tempat uang.

cek Traveler’s tersedia dalam beberapa mata uang seperti dolar AS, dolar Kanada, Pounds sterling, yen Jepang, China Yuan dan Euro; denominasi biasanya adalah 20, 50, atau 100 (x 100 untuk Yen) dari mata uang apa pun, dan biasanya dijual di bantalan lima atau sepuluh cek, misalnya, 5 x € 20 untuk € 100. Traveler’s cek tidak berakhir, pemeriksaan sehingga tidak digunakan dapat disimpan oleh pembeli untuk menghabiskan setiap waktu di masa depan. Pembeli pasokan cek perjalanan efektif memberikan pinjaman bebas bunga kepada penerbit, yang mengapa adalah umum bagi bank untuk menjual mereka “komisi bebas” untuk pelanggan mereka. Komisi, dimana dibebankan, biasanya 1-2% dari nilai nominal seluruhnya dijual.

Pada tahun 2005, American Express merilis Travelers Cheque American Express Card, kartu disimpan-nilai yang melayani tujuan yang sama seperti traveler’s check, tetapi dapat digunakan di toko-toko seperti kartu kredit. Bagaimanapun dihentikan kartu pada bulan Oktober 2007. Sejumlah perusahaan keuangan lainnya pergi ke isu yang disimpan-nilai atau kartu debit prabayar yang mengandung beberapa mata uang yang dapat digunakan seperti kartu kredit atau debet di toko-toko dan di ATM, meniru periksa perjalanan dalam bentuk elektronik. Salah satu contoh utama adalah kartu Visa TravelMoney

Traveler’s cek pertama kali diterbitkan pada tanggal 1 Januari 1772 oleh London Kredit Kurs Perusahaan untuk digunakan dalam sembilan puluh kota-kota Eropa,  dan pada tahun 1874 Thomas Cook menerbitkan ‘catatan edaran’ yang beroperasi dengan cara cek perjalanan.

American Express adalah perusahaan pertama yang mengembangkan sistem check traveler skala besar di tahun 1891,  dan masih merupakan penerbit terbesar cek perjalanan hari ini dengan volume.

American Express pengantar tentang cek perjalanan secara tradisional dihubungkan dengan karyawan Marcellus Flemming Berry, setelah perusahaan JC presiden Fargo memiliki masalah di kota-kota Eropa kecil memperoleh dana dengan letter of credit.

Istilah hukum bagi para pihak untuk traveler’s check adalah obligor atau penerbit, organisasi yang menghasilkan itu, agen, bank atau tempat lain yang menjualnya, sedangkan pembeli, orang alami yang membeli, dan penerima pembayaran, entitas untuk siapa pembeli menulis centang untuk barang dan / atau jasa. Untuk tujuan clearance, obligor yang baik pembuat dan drawee.

SUMBER:

http://en.wikipedia.org/wiki/Traveler%27s_cheque

Iklan